Senin, 19 Juni 2017

Menyebar Virus Literasi

Menyebar Virus Literasi

Oleh Ngainun Naim

Salah satu usaha yang dalam beberapa waktu terakhir saya tekuni adalah menyebarkan virus literasi. Saya meyakini bahwa literasi adalah kunci penting untuk meningkatkan kualitas manusia. Semakin banyak orang yang memiliki tradisi literasi maka akan terlihat adanya kemajuan secara signifikan.

Usaha ini saya lakukan karena saya melihat jumlah mereka yang mau dan aktif membaca-menulis sangat kecil jumlahnya, termasuk di dunia perguruan tinggi. Padahal, kampus dan aktivitasnya sangat dekat dengan dunia membaca-menulis.


Tentu tidak mudah membangun tradisi literasi. Saya bukan orang yang terbiasa dengan manajemen modern yang rapi. Demikian juga dengan usaha saya menyebarkan virus literasi.

Selama ini saya melakukan beberapa usaha untuk menyebarkan virus literasi. Pertama, menulis setiap hari. Literasi bukan sekadar teori tetapi juga aksi. Bukti keseriusan saya dalam berliterasi adalah membuat tulisan di jejaring sosial nyaris setiap hari. Sesungguhnya menulis nyaris setiap hari itu bukan hal mudah, tetapi saya selalu berusaha keras untuk melakukannya.

Catatan demi catatan yang saya posting di facebook ternyata dibaca oleh banyak orang. Beberapa orang tergerak untuk ikut menulis. Ada yang berhasil istiqamah, meskipun sebagian besar gugur di tengah jalan.

Kedua, menulis dan menyunting buku tentang literasi. Sejauh ini buku yang sudah saya tulis adalah The Power of Reading, The Power of Writing, dan Proses Kreatif Penulisan Akademik. Sedangkan buku yang saya sunting, antara lain, Geliat Literasi dan Resolusi Menulis.

Ketiga, mengisi kegiatan yang berkaitan dengan dunia literasi. Bentuk kegiatannya bermacam-macam. Intinya adalah mengajak orang sebanyak mungkin untuk mau mentradisikan membaca dan menulis.

Saya tidak berpretensi tertentu terhadap kegiatan ini. Saya sudah cukup bahagia saat orang lain menjadi rajin membaca dan menulis. Dan usaha ini akan terus saya rawat semampu saya.

Graha Hita Husada Tulungagung, 14-6-2017

2 komentar: