Selasa, 06 Desember 2016

Pengukuhan Guru Besar

Prof. Dr. H. Akhyak membacakan pidato pengukuhan guru besar

Hari ini keluarga besar IAIN Tulungagung sedang berbahagia karena jumlah guru besarnya bertambah dengan dikukuhkannya Pro. Dr. H. Akhyak, M.Ag sebagai Guru Besar Filsafat Pendidikan Islam. Beliau merupakan guru besar kelima yang dimiliki "Kampus Dakwah dan Peradaban" ini.

Menjadi guru besar sekarang ini sungguh tidak mudah. Syarat untuk meraihnya sungguh sulit. Wajar jika banyak kampus yang mengalami "paceklik" guru besar.

Pada pengukuhan hari selasa tanggal 6 Desember 2016, Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul "Revitalisasi Eksistensi Pendidik untuk Optimalisasi Pendidikan Karakter di Era Globalisasi". Menurut Prof. Akhyak, pendidik merupakan pilar utama pendidikan yang menentukan keberhasilan proses pendidikan. Filsafat pendidikan berkontribusi terhadap pendidik untuk mengutamakan berpikir kritis dan reflektif dalam menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan, termasuk persoalan pendidikan.

Pidato pengukuhan juga mengaitkan signifikansi pendidikan karakter perspektif pendidikan Islam dan usaha-usaha strategis yang bisa dilakukan oleh seorang guru. Paparan ini saya kira menarik jika direkonstruksi dan disebarluaskan dalam bentuk buku sehingga memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi.

Selamat kepada Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag.Semoga berkah dan memberi daya dorong kepada yang lain untuk juga menjadi guru besar. Amin.

Tulungagung, 6-12-2016

6 komentar:

  1. Selamat! Semoga dengan pengukuhan guru besar akan menjadikan IAIN Tulungagung semakin berkembang dan dapat menjadi panutan kampus terbaik. Amin

    BalasHapus
  2. Selamat atas pengukuhan Pro. Dr. H. Akhyak, M.Ag sebagai Guru Besar Filsafat Pendidikan Islam.
    Pendidik memang menjadi pilar utama untuk keberhasilan sebuah proses pendidikan.
    Semoga membawa berkah dan kemajuan bagi pendidikan.
    Aamiin...

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, selamat buat pak Pro. Dr. H. Akhyak, M.Ag sebagai Guru Besar Filsafat Pendidikan Islam
    Barakallah

    BalasHapus