Kamis, 03 November 2016

Jejak Buku Jalan Terjal



Oleh Ngainun Naim

Rektor menyerahkan buku "Jalan Terjal Meraih Mimpi Kuliah" kepada Dirjend Pendis Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, M.A.

Awalnya adalah pelatihan menulis yang diselenggarakan oleh Formasi IAIN Tulungagung. Saya yang kebetulan menjadi narasumber mengajak peserta pelatihan untuk memiliki produk dari hasil pelatihan tersebut. Maka disepakati untuk menulis kisah perjuangan mereka sampai bisa kuliah untuk kemudian dijadikan buku. 

Saya tidak perlu bercerita tentang bagaimana perjuangan mengumpulkan tulisan, mengedit hingga menerbitkan menjadi buku. Sekarang yang penting buku tersebut sudah terbit. 

Tentu kehadiran buku ini memiliki makna yang cukup penting.  Tinggal kita mau meninjaunya dari perspektif mana. Bagi saya, buku ini adalah perwujudan dari komitmen personal saya yang bergerak di bidang literasi. 

Semenjak terbit bulan lalu, buku ini telah terdistribusi ke banyak pihak. Selain ke mahasiswa dan penulis, buku ini juga telah diterima oleh banyak pihak. Di antaranya motivator gerakan literasi nasional, Bapak Satria Dharma. Saya memberikan buku itu saat beliau hadir ke IAIN Tulungagung pada acara bedah buku. 

Seorang teman di Semarang mengirim pesan WA meminta saya mengirim buku tersebut sebagai motivasi buat mahasiswa suaminya yang berprofesi sebagai dosen. Pada saat berbeda, teman kuliah S-1 yang kini menjadi guru di Bontang juga meminta saya mengirimkan buku tersebut. Di luar mereka berdua, ada beberapa orang dari luar Tulungagung yang juga memesan buku tersebut. 

Hari rabo 2 Nopember 2016, buku tersebut diterima Dirjend Pendis, Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin. Tentu ini merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Semoga buku ini menebarkan spirit literasi dan transformasi secara luas.


IAIN Raden Intan Lampung, 2-11-2016

2 komentar:

  1. Semoga terbitnya buku ini dapat memberi motivasi buat mahasiswa/wi untuk terus belajar mewujudkan impian.

    Juga dapat menyemangati berbagai pihak untuk tetap giat membaca dan menulis. (Termasuk diri saya pribadi) hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Terima kasih banyak Mbak Lisa.

      Hapus