Selasa, 05 Juli 2016

Menelisik Pendidikan Islam dalam Lintasan Sejarah



Oleh Ngainun Naim

Judul Buku: Sejarah Pendidikan Islam
Penulis: Prof. Dr. Imam Fu’adi
Penerbit: IAIN Tulungagung Press
Edisi: 2015
 
Buku karya Prof. Dr. Imam Fu'adi
Pendidikan Islam memiliki jejak sejarah yang sangat panjang. Ia telah ada, hadir, dan menjadi bagian yang tidak terpisah dalam perjalanan panjang Islam. Pengaruh pendidikan terlihat nyata pada bangunan peradaban.
Dalam konteks sejarah, pendidikan Islam mengalami dinamika dan perkembangan yang menarik. Ada sebuah masa di mana pendidikan Islam berkembang dengan sangat pesat dan ada masa di mana pendidikan Islam berkembang tertatih-tatih menghadapi transformasi zaman yang sangat kompleks. Bagaimana pun kondisinya, harus jujur diakui bahwa transformasi kehidupan umat Islam secara dominan dipengaruhi oleh faktor pendidikan.
Hampir semua ahli sepakat bahwasanya pendidikan merupakan instrumen paling strategis dan efektif untuk memajukan kehidupan. Negara maju adalah negara yang memiliki pendidikan bermutu. Sedangkan negara yang belum maju sistem pendidikannya biasanya juga kurang tertata. Tanpa perlu malu atau marah harus diakui bahwa pendidikan Indonesia masih berproses menuju pendidikan bermutu. Karena itu diperlukan pemikiran dan usaha secara terus-menerus untuk memperbaiki dunia pendidikan Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan belajar dari sejarah. Ya, sejarah menyediakan setumpuk informasi, pengetahuan, dan pengalaman yang sangat berharga.
Buku karya Prof. Dr. Imam Fu'adi, M.Ag ini menjelaskan potret pendidikan Islam dalam rentang sejarah yang panjang. Uraian di buku ini sangat menarik karena memotret secara tajam eksistensi pendidikan Islam. Sejarah yang dihadirkan memberikan banyak informasi yang selama ini luput dari pandangan masyarakat.
Buku karya Guru Besar Sejarah Pendidikan Islam pola pembahasannya mengikuti model Ira M. Lapidus. Lapidus membagi sejarah berdasarkan kurun waktu tertentu. Demikian juga dengan buku ini. Membaca buku ini bisa mengantarkan kita pada selaksa pengetahuan yang luas. Ada begitu banyak informasi. Ada begitu banyak hikmah. Itu semua bisa direngkuh jika mau membaca buku ini.

Tulungagung, 5 Juli 2016

2 komentar:

  1. Saya harus baca ini. Bisa didapatkan dmn pak bukunya? Untuk klangan Kampus apa sudah untuk umum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu harus baca dan beli buku ini. Buku ini sangat penting dan bagus. Bisa ke kantor saya di LP2M IAIN Rektorat Lt. 2. Infokan juga ke teman-teman yang lainnya. Selamat berlebaran ya.

      Hapus