Selasa, 07 April 2015

Menulis Untuk Keberkahan Hidup

Berita ini awalnya dimuat di: www.humaniora.uin-malang.ac.id. Untuk kepentingan lebih luas saya muat ulang di blog ini. Jika Anda ingin melacak berita aslinya, silahkan merujuk ke blog sumbernya.

Menulis Untuk Keberkahan Hidup

Foto bersama Pak Ngainun Naim dengan para peserta PKL
Foto bersama Pak Ngainun Naim dengan para peserta PKL

“Dunia Mahasiswa adalah Dunia Menulis”. Sesungguhnya kuliah sejak awal sampai akhir selalu berhubungan dengan aktivitas menulis, mulai dari membuat makalah, meresume sampai menulis tugas akhir. Karena itulah keterampilan menulis penting dimiliki oleh mahasiswa. Mahasiswa yang tidak atau kurang memiliki keterampilan menulis akan menghadapi hambatan dalam perjalanan kuliahnya.”  Salah satu tulisan inspiratif yang ditulis oleh salah satu Dosen di IAIN Tulungagung di Sosmednya.

Alumni UIN Sunan Kalijaga ini berdomisili di Trenggalek. Siang itu pada hari Mingu (15 Feb 2015) beliau menjadi pemateri kami di tempat PKL. Beliau benyak menyampaikan tentang tips dan trik tentang kepenulisan. Berbagai trik pun beliau paparkan dengan detail dan lengkap. Satu diantara beberapa tips yang beliau sarankan adalah dengan kita harus selalu menulis setiap hari tanpa jeda, tidak boleh tidak menulis.

Mahasiswa memang sangatlah identik dengan sebuah tulisan. Karya yang mana memang membuktikan keberadaannya. Mahasiswa dengan tanpa tulisan atau sebuah karya yang ia bukukan ketika dia tidak memiliki keahlian apapun, maka dengan sangat cepat ia akan musnah seiring dengan berjalannya waktu.

Seperti yang dilakukan oleh Pak Naim sampai saat ini untuk selalu menjaga komitmen menulis. Jangan sampai dengan kemodernan yang menyelimuti keseharian kita ini justru menjadikan kita manja. “Biasanya kalau tidak ada laptop tidak mau menulis. Jangan gitu! Saya itu sebelum menulis pasti membuat semacam out line, dan itu pasti selalu saya tulis di buku kecil. Karena ide dan gagasan itu kadang muncul tak terduga. Makanya untuk berjaga-jaga saya selalu sedia buku kecil di tas saya.” tutur Pak Naim penuh dengan semangat.

Begitu pesan Pak Naim pada kami. Seperti kata pepatah yang sering kita dengarkan, Jika kamu bukan orang kaya atau bukan anak raja, maka menulislah. Sangat sis-sia jika ide, gagasan-gagasan luar biasa yang ada di otak akan menghilang tanpa meninggalkan jejek untuk perkembangan keilmuwan kita. Banyak hal yang bisa didapatkan dri menulis. salah satunya adalah beasiswa. “Lha saya ini bisa S2 juga karena aktif menulis, di berbagai beasiswa dan masih banyak hal yang akan kita dapatkan” tutur Pak Naim pada peserta PKL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar