Senin, 09 Maret 2015

Motivasi Itu Penting

Catatan facebook Wayan Putra, seorang mahasiswa IAIN Tulungagung



Banyak yang bilang hidup itu adalah pilihan, perjuangan selama ini adalah pilihan hidupmu. Tentu kita harus tahu siapa yang menciptakan hidup dan bagaimana untuk bertahan hidup. Allah telah menjadikan Hidup dan Manusia berusaha untuk mempertahankan hidup sesuai dengan fitrahnya. Kita diciptakan tidak langsung menjadi tumbuh besar, namun ada proses yang dilalui dalam pertumbuhan tersebut.

Ada beberapa pengalaman yang bisa saya tuliskan di pagi hari ini ketika akan beraktivitas, terutama keinginan tetap beristiqomah di dalam menulis dan aktivitas-aktivitas lainnya. Tapi lagi-lagi penyakit muda ini kambuh lagi (red: malas). Bagaimana bisa beristiqomah kalau sifat malas itu masih sering muncul dan menyerang kita? Tentu hal ini sangat mengahambat dan menjadi kendala terbesar dalam mencapai sebuah tujuan.

Analogi sederhananya,  agar bayi menjadi orang dewasa yang tumbuh sehat, maka perlu asupan gizi yang cukup setiap harinya. Oleh karena itu untuk bisa istiqomah menulis serta aktivitas-aktivitas lainnya, bagi seorang pemula seperti saya haruslah sering-sering mendapatkan asupan gizi setiap harinya, yaitu dengan selalu memberi dan memotivasi diri melalui instrument-instrumen yang dapat memperkaya, memberdayakan, dan lahirnya motivasi akbar.

Joko Raharjo menulisakan dalam bukunya yang berjudul “Sukses di Usia Muda”, mutiara sejarah tidak akan memberikan kebijakan tetapi juga melecutkan motivasi saya untuk menyelesaikan kalimat demi kalimat”. Apapun aktivitas yang dikerjakan, motivasi dalam diri  menjadi penting untuk ditumbuhkan.

Untuk  menulis hari ini berawal dari percikan imajinasi dan inspirasi kecil yang dipupuk dengan motivasi kuat dalam diri. Saya sadur dari postingan FBnya Pak Ngainun Na'im beliau menuliskan, “dari menulis itu merupakan cara saya mempermalukan diri karena belum bisa menjalankannya. Dengan menuliskannya saya berharap memiliki tambahan energi untuk giat menjalankannya”. Substansi makna dari beberapa kalimat dalam status beliau tersebut merupakan sebuah ajakan untuk selalu memberikan motivasi diri.

Untuk menjadi besar haruslah dipupuk dan diasah terus menerus, saya selalu berusaha untuk menghadirkan percikan imajinasi dan inspirasi serta memupuknya dengan motivasi. Hal itu selalu saya lakukan ketika malas mulai melanda. Kemalasan adalah musuh terberat bagi orang-orang yang ingin sukses.

SUKSES ITU MUDAH, Edisi I
YAKUSA (Yakin Usaha Sampai)
Tulungagung, 11 Februari 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar